adaaja Blog

“–Tips Menentukan GAJIMU dalam Interview melamar pekerjaan–“:

Posted on: 21 Maret 2010

Setelah berhasil melewati beberapa tahapan wawancara kerja, besar kemungkinan kalian akan diterima di perusahaan tersebut. Maka yang harus kalian lakukan adalah mempersiapkan diri untuk menerima pertanyaan, “Berapa gaji yang anda inginkan ?”

Negoisasi gaji adalah salah satu bagian tersulit dalam mendapatkan pekerjaan. Jika meminta jumlah yang terlalu besar, perusahaan mungkin akan mengurungkan niatnya merekrut kalian. Sebaliknya, jika jumlah yang kalian minta terlalu rendah, mungkin kalian akan diterima, namun gaji yang didapatkan dibawah standar yang seharusnya dibayarkan perusahaan tersebut.

Setelah bekerja selama beberapa waktu, lalu kalian mengetahui fakta tersebut, pastilah kalian akan merasa kecewa. Dan solusinya adalah meminta kenaikan gaji, dan hal ini bukanlah proses yang mudah. Untuk “memenangkan” negosisasi gaji pada saat interview, ikuti petunjuk berikut :

PERATURAN NO. 1 : Dapatkan Informasi

Sebelum wawancara, manfaatkan networking kalian. Kalian bisa mendapatkan informasi dari teman atau senior kalian yang bekerja di perusahaan tersebut/industri serupa, terutama untuk divisi atau posisi yang sama. Sumber lain adalah internet atau tabloid yang memuat mengenai survey/informasi gaji.

PERATURAN NO. 2 : Mendengarkan

Di awal wawancara, jangan pernah langsung menyebutkan berapa gaji yang anda inginkan. Semakin lama anda “menunda”, maka semakin banyak informasi yang bisa didapatkan untuk “memenangkan” negoisasi gaji.

Langkah awal, pada saat wawacara, kalian sebaiknya “mencari tahu” dari sang pewawancara, ada berapa banyak kandidat untuk posisi tersebut, dan telah berapa lama lowongan tersebut dibuka. Jika lowongan tersebut telah dibuka dalam waktu yang lama, ada kemungkinan perusahaan kesulitan untuk mendapatkan kandidat yang memenuhi kualifikasi. Jika anda high qualified, mungkin anda bisa mendaptkan nominal yang dinginkan.

PERATURAN KE 3 : Berlatih

Kalian boleh menyebutkan sejumlah angka pada saat bernegoisasi. Tetapi jangan terlalu tinggi dari standar gaji yang berlaku untuk industri/perusahaan tersebut. Jika ini terjadi, pewawancara malah menganggap kalian tidak serius. Ini berarti kalian kehilangan kesempatan.

Jika kalian menginginkan sejumlah nominal yang tinggi untuk gaji kalian, katakanlah sejumlah gaji pada top range, tunjukkah bahwa kualifikasi kalian memang pantas untuk itu. Sebelum hari wawancara, kalian bisa mempersiapkan “pidato” selama 1-2 menit yang mendeskrisikan apa yang kalian bisa berikan untuk perusahaan jika kalian diterima bekerja di tempat tersebut.

Satu hal yang harus dingat, pada saat perusahaan memberikan penawaran, kalian tidak harus memberikan jawaban saat itu juga. Kalian bisa minta waktu untuk mempertimbangkan semuanya dalam mengambil keputusan. Jika tawaran perusahaan lebih rendah dari yang kalian harapkan, kalian bisa saja menolak.

Apalagi pada saat bersamaan, ada tawaran yang lebih menggiurkan dari perusahan lain. Namun, ada hal lain yang patut dipertimbangkan, apakah posisi yang ditawarkan nerupakan langkah strategis untuk perkembangan karir kalian.

http://id.cosmotopic.com/4749288520-tips-menentukan-gaji-dalam-interview-melamar-pekerjaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

"TAMU"

  • 186,001 pengunjung
T

AKU MINTA DUKUNGANNYA Ya.. ^_^”

Tanggal Hari ini :

Maret 2010
S S R K J S M
    Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
T

“ARSIP” disini :

–“MENU KATEGORI “dibawah cini :–

TE OPE DAH :

JEPRETTT….:

BAGIKAN:

Potensi perikanan di republik ini sungguh sangat berlimpah di perairan darat maupun di lautan, namun sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan rakyat. Karena kebokbrokan mental aparatur negara hasil perikanan laut kita terkuras oleh 'ilegal fishing' -nyaris sama seperti hutan kita yang gundul oleh 'ilegal logging', semuanya hanya dinikmati sekelompok rakus yang tidak memikirkan kemajuan bangsa bersama. Bundel kliping info perikanan ini semoga dapat menghimpun segala informasi untuk menggugah masyarakat luas akan urgensi penyelamatan potensi perikanan nasional khususnya perikanan laut agar tetap lestari bagi kemakmuran anak cucu kita.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 14 pengikut lainnya


document.write(unescape("%3Cscript src=%27http://s10.histats.com/js15.js%27 type=%27text/javascript%27%3E%3C/script%3E")); try {Histats.start(1,1126671,4,204,260,30,"00011111"); Histats.framed_page(); Histats.track_hits();} catch(err){}; free web tracker

BLOG YANG TERKAIT :

onelektro.blogspot.com


%d blogger menyukai ini: