adaaja Blog

HAL KECil tentang RAM..

Posted on: 22 Maret 2010

mau cerita sedikit tentang memori komputer…ato yang biasa disebut sama RAM…

RAM ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan/kinerja dari komputer kita…

hampir bisa dikatakan bahwa semakin besar RAM yang dimiliki komputer kita, dengan specs yang sama maka komputer kita akan makin cepat…

namun, besarnya ini juga di batasi oleh kemampuan operating system kita…(biasanya windows atau linux…)

misalkan, windows xp hanya mendukung sampai besar ram sekitar 3-4 giga (saya lupa berapa)…artinya, jika ram 4 giga dan 5 giga akan memberikan kinerja yang sama…

pada mata kuliah Arsitektus Sistem Komputer 2, ada hal yang menurut saya patut diketahui tentang RAM…

RAM akan bekerja jauh lebih cepat jika memiliki tipe dan diproduksi oleh produsen yang sama…

contoh…

kita memiliki RAM sejumlah 4 giga byte, maka :

RAM 2GB 2 keping…akan bekerja lebih cepat dari pada RAM 1 keping 3 GB (kalo ada) + 1 keping 1 GB

atau ram 2 GB 2 keping dari produsen yang sama, akan lebih memberikan kinerja yang lebih tinggi daripada 2 keping RAM 2 GB dari produsen yang berbeda…

hal ini disebabkan oleh pengaruh arsitektur dari memori…setiap RAM memiliki bentuk arsitektur hardwarenya masing-masing, dan ini berpengaruh kepada singkronisasi hardware dari keduanya…simply put…2 buah ban dari produsen yang sama akan berjalan lebih mulus dari pada yang berasal dari produsen berbeda…begitu juga dengan memori, memori dengan arsitektur yang berbeda akan lebih sulit di singkronisasi daripada 2 buah memori dari arsitektur yang sama…make sense yah…hehe…

yang masih belum saya ketahui adalah, seberapa besar sih signifikansi dari teori ini…ato…cepetan mana yah 1 keping RAM 4 GB sama 2 keping RAM 2 GB dari tipe dan produsen yang sama? ada yang tau? hehe…

yaa dari : http://wahidyankf.wordpress.com/2009/10/22/hal-kecil-tentang-ram-memori-komputer/
hatur nuwunn….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

"TAMU"

  • 186,001 pengunjung
T

AKU MINTA DUKUNGANNYA Ya.. ^_^”

Tanggal Hari ini :

Maret 2010
S S R K J S M
    Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
T

“ARSIP” disini :

–“MENU KATEGORI “dibawah cini :–

TE OPE DAH :

JEPRETTT….:

BAGIKAN:

Potensi perikanan di republik ini sungguh sangat berlimpah di perairan darat maupun di lautan, namun sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan rakyat. Karena kebokbrokan mental aparatur negara hasil perikanan laut kita terkuras oleh 'ilegal fishing' -nyaris sama seperti hutan kita yang gundul oleh 'ilegal logging', semuanya hanya dinikmati sekelompok rakus yang tidak memikirkan kemajuan bangsa bersama. Bundel kliping info perikanan ini semoga dapat menghimpun segala informasi untuk menggugah masyarakat luas akan urgensi penyelamatan potensi perikanan nasional khususnya perikanan laut agar tetap lestari bagi kemakmuran anak cucu kita.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 14 pengikut lainnya


document.write(unescape("%3Cscript src=%27http://s10.histats.com/js15.js%27 type=%27text/javascript%27%3E%3C/script%3E")); try {Histats.start(1,1126671,4,204,260,30,"00011111"); Histats.framed_page(); Histats.track_hits();} catch(err){}; free web tracker

BLOG YANG TERKAIT :

onelektro.blogspot.com


%d blogger menyukai ini: