adaaja Blog

Mancing Lele

Posted on: 22 Oktober 2011

Kail Jangkar Gawang untuk Mancing Lele

       Di pemancingan Syafana dikawasan Pondok Pinang Jakarta Selatan, para pemancing ikan bawal dan lele ini memiliki keunikan saat mancing. Uniknya itu terletak pada kail yang digunakan. Pemancing disini lebih dominan memakai kail jangkar dengan yang dipasang disenar atau benang berbentuk gawang.

         Kail jangkar ini bisa ditemukan ditoko-toko pancing yang menjual kail seperti ini. Menurut beberapa pemancing, kail jangkar ini sangat efektif untuk mancing ikan lele atau ikan bawal. Kelebihan dari kail ini bisa digunakan untuk menggaet ikan lele.

              Seperti kita ketahui, ikan lele lebih banyak bermain dibawah air atau bahkan didasar kolam. Ikan lele ini juga sedikit sulit saat dipancing. Dengan menggunakan umpan seperti jangkrik atau sebagainya, pemancing juga butuh kecerdikan untuk menggaet ikan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memakai kail jangkar.

foto1_T_T169.JPG

             Ukuran kail berbagai macam ukuran. Soal ini tentu disesuaikan dengan nomor mata kail yang pas. Di pemancingan Syafana, hamper semua pemancing menggunakan kail jangkar ini. Selain itu yang menarik lagi, kail tersebut dipasang didua senar atau benang yang menyerupai gawang. Barangkali karena itulah pemancing disini menyebutnya kail gawang.

                Pembuatan kail gawang ini sangat mudah. Cara pembuatannya dimulai dari pemasangan kail jangkar di senar atau benang. Selanjutnya bagian atas senar diikatkan ke kawat atau sejenisnya. Setelah itu bagian tengah kawat diberi semacam kili-kili yang berfungsi untuk dipasang di joran. 

           Selain senar bisa juga menggunakan nekline. Ukurannya bisa sampai setengah meter. Sedangkan kawat panjangnya sekitar 10 cm sampai 15 cm. Bagian tengah kawat diberi semacam kili-kili untuk dikaitkan di joran.

foto3T_T169.JPG

             Selanjutnya gawang yang sudah terpasang dua mata kail jangkar tersebut tinggal dipasang di senar seperti umumnya kita memasang kail saat mancing. Cara penggunaan pun tidak merepotkan. Setelah terpasang, pemancing tinggal memasang umpan dimata kail. Selanjutnya dilemparkan ketengah kolam tanpa harus khawatir lepas. Disini tentu perlu keseimbangan antara kanan dan kiri senar yang dipasang di gawang.

             Kalau beruntung ikan lele bisa menyangkut di dua mata kail sekaligus alias dapat gentak ganda. Menurut pemilik kolam Syafana Jamal, kelebihan mancing dengan kail jangkar gawang ini memudahkan pemancing untuk mendapatkan ikan lele atau ikan bawal. Apalagi kail ini sangat efektif untuk menggaet ikan lele.  Kalau Anda penasaran bisa mencobanya sendiri

 

tanks to: http://mancingmania.com/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=3&Itemid=4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

"TAMU"

  • 186,001 pengunjung
T

AKU MINTA DUKUNGANNYA Ya.. ^_^”

Tanggal Hari ini :

Oktober 2011
S S R K J S M
« Sep   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
T

“ARSIP” disini :

–“MENU KATEGORI “dibawah cini :–

TE OPE DAH :

JEPRETTT….:

BAGIKAN:

Potensi perikanan di republik ini sungguh sangat berlimpah di perairan darat maupun di lautan, namun sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan rakyat. Karena kebokbrokan mental aparatur negara hasil perikanan laut kita terkuras oleh 'ilegal fishing' -nyaris sama seperti hutan kita yang gundul oleh 'ilegal logging', semuanya hanya dinikmati sekelompok rakus yang tidak memikirkan kemajuan bangsa bersama. Bundel kliping info perikanan ini semoga dapat menghimpun segala informasi untuk menggugah masyarakat luas akan urgensi penyelamatan potensi perikanan nasional khususnya perikanan laut agar tetap lestari bagi kemakmuran anak cucu kita.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 14 pengikut lainnya


document.write(unescape("%3Cscript src=%27http://s10.histats.com/js15.js%27 type=%27text/javascript%27%3E%3C/script%3E")); try {Histats.start(1,1126671,4,204,260,30,"00011111"); Histats.framed_page(); Histats.track_hits();} catch(err){}; free web tracker

BLOG YANG TERKAIT :

onelektro.blogspot.com


%d blogger menyukai ini: